Kamis, 22 November 2007

Perlengkapan perang ...

Peperangan melawan penyakit ini, diperlukan persenjataan yang lengkap, meliputi keseluruhan isi blog yg terdiri dari :

* Deteksi dini – diagnosaku ; merupakan awal penemuan tumor hingga operasi dan akhirnya bisa didapatkan diagnosa Carcinoma ductus invasive mammae

* Proses terapi (bestral), di blog ini saya tuliskan kegiatan sehari-hari selama menjalani 30x proses radioterapi di RS. Karyadi, Semarang. Khusus mengenai bestral ini, saya tulis berdasarkan kenyataan bahwa susah sekali menemukan info lengkap di website (terutama yg berbahasa Indonesia). Sesama rekan pasien hampir tidak ada yang menuliskan pengalaman2nya selama proses terapi.

* Pengetahuan yang memadai – dapat didapatkan dengan membaca Buku-buku kanker – agar kita punya wawasan utk menuntun langkah kita memerangi penyakit ini.

* Diet & Olahraga – Selain proses terapi yang utama, diperlukan pengaturan konsumsi makanan sehari-hari, sudah tidak boleh sebebas dulu lagi, banyak pantangan yang harus dihindari.

* Ketenangan hati – Merupakan senjata pelengkap yang sangat penting dalam memerangi penyakit apapun, karena emosi akan mempengaruhi kondisi fisik. Bila kita berfikir positif, pasrah dan ikhlas … insyaAllah … semua halangan dan rintangan akan lebih mudah diatasi.

Oke … selamat jalan-jalan di blog ini … bila berkenan, silakan tambahkan komentar. Bila ada tulisan saya yang keliru … tolong dibenerin ya … Mohon do'anya juga ... terimakasih...

6 komentar:

BLOGGER INDONESIA mengatakan...

Mbak Salut semangat berbagi yang luar biasa, mudah-mudahan di hadapan Allah tidak ada yang 'tidak mungkin dan Ajaib saya doakan sembuh.

ARIEF_DJ mengatakan...

Mba Rini,ada dan tiada hanya dari Alloh SWT semata,nikmatilah hidup ini,semua adalah rahasia ilahi,Ok's cepat sembuh ya,amin.

Riri Rianawati mengatakan...

Salam kenal juga mba Rini
mengenai blognya Bunda Inong (Bunda Zidan dan Syifa) pd awalnya sy memang tidak tahu, tp setelah sy baca komentar yg di artikel "Ibu Peri Datang" sy jd merinding sendiri ternyata memang Bunda Inong telah tiada. Beliau meninggalkan blog yg sangat2 berharga dan menarik sekali tuk dibaca. Akhirnya sy cari tahu mengenai bunda inong, sy dpt link puisi2nya http://puisi-inong.blogspot.com/ bhsnya begitu indah & sangat mengenai, sayang sy belum sempat berkenalan.
Begitu deh mba ceritanya.

Mba Rini aku doakan semoga cepat sembuh yah mba... yang tabah dan tetap semangat.

ARIE mengatakan...

Salam kangen selalu dari yogya. Subhanallah.. Saya jadi speechless membaca blog mbak Rini yg ini. Thanks sdh menerima saya sebagai teman baru. Tiada lain saya berharap, semoga pertemanan kita turut memperindah hidup kita ya mbak. Saya juga ada 'masalah' di saluran tuba falopii(?) kanan. Tiap th saya mengalami perdarahan hebat. Dulu dokter blm bs bilang itu kanker. Tapi terdpt sel abnormal. Pe-er saya bagaimana yang masih negatif jangan jadi positif.he.he. Tahu kan mbak, maksud saya..
Sekarang sdh hmpr 2 th saya tinggalkan dokter2. Dan saya sudah jarang menyambangi bed Rumah Sakit. he.he.Alhamdulillah Allah masih memberi kesempatan hidup bagi saya untuk memperbaiki semua kesalahan yang telah saya lakukan. So...Ayo mbak Rini, sama-sama keep on fighting spirit, tetap semangat, tetap gembira menjalani hidup. Apapun bentuknya, dan seberat apapun rasanya.

Rini mengatakan...

Ass. Wr. Wb. mbak Arie,
Terimakasih sudah berkenan mampir dan menceritakan pengalaman panjengan yg tak kalah serunya dg isi blog ini.
Mbak Ari, sebenarnya utk menjaga kesehatan keluarga, kami sdh lama juga tidak dokter minded (sejak 1998). Hanya saja utk kejadian ini, diputuskan msh perlu bantuan tindakan bedah, namun stlh itu InsyaAllah proses penyembuhan lebih ditekankan pada perbaikan akhlak & perilaku yang sesuai tuntunan. Alhamdulillah, hingga saat ini kita masih diijinkan menghirup udara segar ya mbak ...
Oke, mari kita jalani hari2 berikutnya dengan penuh perjuaangan, berjuang untuk memperbaiki diri, berjuang untuk mengharap ridho Allah.
Semoga kita semua dikaruniai kesabaran & keikhlasan oleh Allah, kekuatan, hikmah yang baik, dan senantiasa terpelihara takwa & syukur kita kepada Allah dalam segala keadaan", amin .... Allahumma amin...

masgugum mengatakan...

permisi moderator mau beritahu info

dear anyone,

mengapa ketika sudah dilakukan operasi kanker, kanker kembali muncul?
itu karena tubuh penderita tidak diberi dukungan untuk melawan kanker.
melawan kanker bisa dilakukan dengan 2 cara. dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. dari luar tubuh bisa dengan cara operasi, kemoterapi, radiorterapi. bagaimana dengan melawan kanker dari dalam? caranya menggunakan transfer factor. info lebih lanjut kunjungi http://molekulajaibtf.co.nr

salam,

Gumilang

perkenalkan ....

Perkenalkan nama saya saat ini …Rini Y.Kandara. Saat ini ..? Berarti di saat lain ada nama lain? … iya ! Katanya kan … dunia ini panggung sandiwara … ceritanya mudah berubah, ada saat kita bahagia … ada saat duka, ada saat menjadi murid, ada saat menjadi guru, ada saat jadi pasien …dsb. Nah … pada saat ini, peran utama yg dimainkan adalah sebagai pasien. Dengan demikian, nama Rini Y Kandara ini punya arti khusus, yaitu Rini Yang Kena kanker payudara.

Kenapa musti ada nama lain untuk peran yang berbeda?
Karena … saya tidak mau terlalu terpengaruh dengan keberadaan kanker yang saat ini sedang ingin menyapa hidup saya. Kehidupan sehari-hari yang telah saya jalani dari lahir hingga kini (Agustus 2007) yang sangat indah dan penuh warna sebagai Rini yang lain … insyaAllah tetap akan berjalan normal … meski tetap menyesuaikan dengan kondisi pemeran utama saat ini sebagai Rini Y. Kandara. Maksudnya … kalau pas mampu, badan sehat dan tidak lesu, ya kegiatan sehari-hari jalan terus …. mengajar, nguji, asistensi, nganter jemput sekolah anak2, mengajak mereka jalan2, arisan, pengajian, senam pernafasan, senam aerobic ringan, ping-pong, badminton, dsb…., diharapkan bisa tetap berlangsung …. semampunya....