Jumat, 07 September 2007

Kenali Jenis Kanker Payudara

Kanker kini menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia dan Indonesia. Jumlah penderitanya pun makin meningkat. Berbagai hal menjadi penyebabnya, seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres, alkohol, dan sebagainya.

Bagi wanita, kanker payudara yang paling ditakuti. Selain bisa menyebabkan hilangnya organ vital tersebut, kanker jenis ini juga bisa menimbulkan komplikasi yang serius, dan bahkan bisa berujung ke kematian. Sayangnya, kebanyakan penderita baru memeriksakan kondisinya setelah stadium lanjut. Akibatnya upaya atau penanganan medis yang dilakukan sudah terlambat. Padahal, jika bisa dideteksi sedini mungkin, maka tindakan medis yang dilakukan bisa sangat membantu.

Pada dasarnya ada beberapa jenis kanker payudara. Mengenal jenisnya sedari awal, akan sangat menentukan pola pengobatannya. Pakar onkologi, Dr Sutjipto SpB Onk, mengungkapkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan kanker payudara. Ada jenis kanker payudara yang tumbuh yang lebih cepat dan ganas dibandingkan yang lain. Misalnya kanker payudara dengan HER2 (Human Epidermal growth factor Receptor type 2) positif.

''Perbedaan jenis kanker akan mempengaruhi pilihan pengobatan yang harus dijalani pasien. Sebab itu pasien harus mendapatkan pemeriksaan yang lengkap sebelum menjalani pengobatan,'' ujarnya dalam siaran pers terkait dengan kampanye Breast Friend.

Menurut Sutjipto, kanker payudara dengan HER2 positif memang merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh sangat cepat dan ganas. HER2 ER2 adalah protein yang bisa menyebabkan pertumbuhan kanker payudara menjadi lebih ganas.

''HER2 positif adalah sebutan yang diberikan bila kanker seseorang memiliki jumlah HER2 yang sangat besar,'' ujarnya menambahkan.

Diperkirakan, lanjut Sutjipto, satu dari empat atau lima pasien kanker payudara memiliki HER2 positif. Menjalani tes HER2 sebelum pengobatan sangat penting bagi pasien agar terapi yang diberikan tepat.

Sementara itu, Konsultan Bedah Payudara dari Inggris, Ian Laidlaw, dalam buku kampanye Breast Friend menjelaskan, jenis pengobatan bagi penderita kanker payudara tidak hanya tergantung jenis kankernya tapi juga pertimbangan lain. Misalnya ukuran kanker dan letaknya apakah telah menyebar ke jaringan di sekelilingnya atau organ tubuh lainnya.

Tahap pertama pengobatan kanker payudara adalah pengambilan sel-sel kanker tersebut melalui operasi. Pada umumnya, dokter melakukan operasi lumpektomi atau operasi pengambilan sebagian dari payudara pasien.

''Tetapi ada juga memerlukan proses mastektomi atau pengangkatan seluruh payudara penderita,'' jelasnya.

Dalam hal ini, katanya, sangat penting untuk mengetahui apakah terjadi penyebaran ke kelenjar getah bening. Dokter akan meneliti itu saat operasi. Dalam kasus tertentu, kemoterapi diperlukan untuk mengecilkan ukuran kanker yang ada dan memungkinkan dilakukannya operasi perbaikan payudara.

Setelah pembedahan, kebanyakan wanita menerima pengobatan tambahan untuk mengurangi peluang sel-sel kanker yang ada, kembali dan menyebar. Jenis terrapi ini umumnya adalah kemoterapi, terapi radiasi, terapi hormon, dan terapi biologik. Namun yang terpenting adalah mendiskusikan jenis pengobatan yang tepat dan jenis kanker payudara yang diderita dengan dokter yang merawatnya. ''Ini akan menenangkan pikiran pasien dan membantunya melawan kanker payudara,'' katanya.

Republika, Selasa, 21 Nopember 2006



6 komentar:

P4GN mengatakan...

Ass,wr wb,Apa kabarnya Bu Rini...? semoga baik adanya beserta keluarga.OO Ya Bu..apakah ibu pernah mendengar Habbatussauda atau Blackseed atau Jintan Hitam. Berkasiat untuk menyembuhkan segala penyakit termasuk kanker, Khasiat tersebut juga disebutkan dalam hadits Rasulullah lho...yang artinya bahwa" Ia adalah penyembuh segala penyakit kecuali maut". Keterangan tentang Jintan Hitam/Blackseed ada juga di beberapa situs internet.Banyak dokter dari berbagai negara telah meneliti dan mengakui khasiatnya dalam penyembuhan penyakit termasuk kanker.Bisa di dapat dengan mudah karena sekarang telah banyak yang menjualnya terutama yang menyediakan pengobatan herbal.Was wr wb semoga bermabfaat.

Rini Y. Kandara mengatakan...

Ass.Wr.Wb. ...
(p4gn ... gimana nyebutnya ya ..?)
Terimakasih informasinya. Saat proses radioterapi leukosit saya pernah drop sampai 2,34 (normalnya 4,00) pernah disarankan oleh perawat yg mengoperasikan mesin Linac utk mengkonsumsi Habbatussauda. Terus sudah sempat mencari & dapat dari produk K-Link, tapi berhubung kapsulnya besar sekali (utk ukuran saya - yang sering kesulitan utk menelan kapsul - he he kaya anak kecil ya..) jadi belum sempat dikonsumsi. Mungkin saya akan cari dari merk lain yg kapsulnya lebih kecil, supaya mudah ditelan.
Oke, sekali lagi terimakasih infonya ya ... Wass. Wr. Wb.

pyuriko mengatakan...

Salam kenal mbak Rini...

Senang sekali membaca tulisan disini, menambah pengetahuan saya ttn penyakit yang menakutkan perempuan.

Bagian kiri saya terdapat benjolan, itu saya rasakan nyerrriiii, dan dokter mengatakan itu hanya kelenjar...

Kapan2 boleh kan berbagi???

rini mengatakan...

Dear Kiko,
terimakasih sudah mampir kesini. Tentu saja boleh berbagi. Silakan kalau mau menambahkan pengalaman atau pengetahuan2 yg lain.
Ditunggu ya ...

admincrazy mengatakan...

Artikel yg bagus, makasih infonya.
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang moratmarit

zulfirmahn mengatakan...

Mohon maaf lahir dan batiin.
Met idul fitri yach...?!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

perkenalkan ....

Perkenalkan nama saya saat ini …Rini Y.Kandara. Saat ini ..? Berarti di saat lain ada nama lain? … iya ! Katanya kan … dunia ini panggung sandiwara … ceritanya mudah berubah, ada saat kita bahagia … ada saat duka, ada saat menjadi murid, ada saat menjadi guru, ada saat jadi pasien …dsb. Nah … pada saat ini, peran utama yg dimainkan adalah sebagai pasien. Dengan demikian, nama Rini Y Kandara ini punya arti khusus, yaitu Rini Yang Kena kanker payudara.

Kenapa musti ada nama lain untuk peran yang berbeda?
Karena … saya tidak mau terlalu terpengaruh dengan keberadaan kanker yang saat ini sedang ingin menyapa hidup saya. Kehidupan sehari-hari yang telah saya jalani dari lahir hingga kini (Agustus 2007) yang sangat indah dan penuh warna sebagai Rini yang lain … insyaAllah tetap akan berjalan normal … meski tetap menyesuaikan dengan kondisi pemeran utama saat ini sebagai Rini Y. Kandara. Maksudnya … kalau pas mampu, badan sehat dan tidak lesu, ya kegiatan sehari-hari jalan terus …. mengajar, nguji, asistensi, nganter jemput sekolah anak2, mengajak mereka jalan2, arisan, pengajian, senam pernafasan, senam aerobic ringan, ping-pong, badminton, dsb…., diharapkan bisa tetap berlangsung …. semampunya....